Seberapa luaskah dunia maya atau internet - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Seberapa luaskah dunia maya atau internet


Internet atau sering juga kita kenal dengan dunia maya adalah dunia yang memungkinkan kita untuk terus terhubung atau menjelajah dunia tanpa harus keluar ruangan sekalipun, internet awal nya hanya digunakan oleh kalangan militer pada tahun 1969 dan inilah yang menjadi cikal bakal dari jaringan tekhnologi modern yang kita kenal sekarang ini.

Secara umum internet biasanya digunakan untuk keperluan pribadi maupun hanya sekedar menghilangkan rasa jenuh.

Boomingnya internet tak luput dari sisi postif dan sisi negative yang terkandung di dalam nya. 

Besar nya minat netizen akan dunia digital tak jauh dari peran perusahaan besar seperti Facebook, Google, Yahoo!, dan penyedia layanan lainya.

Beberapa situs tersebut memberikan kesempatan untuk saling berkomunikasi ataupun berbagi informasi dengan sesama, semakin modern nya sistem kehidupan manusia maka mereka juga dituntut untuk update dalam mencari informasi.

 Karena itulah, layanan dunia maya sangat dibutuhkan dalam masa modern seperti sekarang ini, bahkan di masa sekarang hampir dari segala kalangan memiliki perangkat canggih seperti telepon selular (smartphone) ataupun komputer yang secara tidak langsung membuat pertempuran tekhnologi antar perusahaan maupun antar negara menjadi semakin sengit dan bisa dikatakan negara pemain besar dalam tekhnologi antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, Korea selatan, dan Jepang terus mengembangkan sarana dan prasarana dalam pengembangan IPTEK guna memajukan perekonomian serta perkembangan tekhnologi mereka.  

Kelalaian dari masyarakat di internet atau netizen juga di gunakan sebagai modus penipuan oleh para oknum yang mementingkan nafsu duniawi mereka, semisal kasus penculikan remaja ataupun kasus penipuan berkedok online shop.

Selain itu banyak yang mengatakan internet yang kita akses sekarang masih sekitar 4% saja lalu dimanakah 96% nya? 

96% dari akses internet yang tersembunyi dinamakan deep web, semakin dalam kita berenang dalam internet semakin aneh pula ikan yang akan ditemui, begitu pula konten di dalam deep web yang tidak bisa dibuka menggunakan browser biasa dan rata-rata konten di dalam nya adalah situs terlarang yang tidak bisa dijumpai di situs seperti Google, bahkan disana anda bisa membeli narkoba ataupun barang illegal semudah membeli kacang rebus di pasar tentunya dengan mata uang yang berlaku disana.

Karena itu pemerintah sudah menutup besar-besaran web yang terkandung di dalamnya termasuk web penjualan manusia dan ekperimen illegal.

Karna itu kesadaran masyarakat akan baik dan buruk nya internet sangat berpengaruh agar tidak sekali-kali terbujuk oleh pengguna lain di internet, karena internet adalah dunia tanpa batas keraguan maupun batas kesopanan antar pengguna nya, bahkan kita bisa berkata seenak nya dengan orang yang lebih tua dari kita di internet, dan itu semua bisa menjadi alasan kita agar berhati-hati dalam berselancar di dunia maya.

Tentang internet

Internet singkatan dari interconnection-networking adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik, yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Rangkaian jaringan yang terbesar dinamakan internet. 

Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sumber : 


Post a Comment

0 Comments