Kenapa Website Tidak Terindex di Google - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Kenapa Website Tidak Terindex di Google


Dalam waktu 3 hari setelah di terbitkan ternyata artikel yang berjudul "Pakar SEO Membongkar Rahasia Unik Googlebot" telah terindeks oleh Google, dengan kata kunci "Pakar Seo Googlebot" muncul di laman pertama, di urutan ke empat setelah suport Google.

Entah kapan dia akan menghilang dari sana namun itu sesuatu hal yang bagus bagi yang mencari solusi untuk hal-hal seperti ini.

Sebenarnya kali ini kita tidak hanya akan membahas tentang artikel saya yang terindeks oleh google namun lebih dari itu, karna kita juga akan membahas tentang beberapa hal yang menyebabkan blog atau web kita tidak terindeks oleh google, apa saja itu mari kita mulai.

Penyebab Tidak Terindex

1. Masalah https
Ini akan menjadi masalah kenapa situs anda tidak terindex, https bukan hanya masalah abjad, namun ini menyangkut keamanan pengguna internet khususnya pengunjung blog anda, bukan hanya tidak terindex bahkan artikel yang sudah terindex tidak lagi bisa di akses karna muncul warnig pada browser yang mengatakan bahwa situs anda tidak aman.

Untuk memperbaiki ini cukup mudah jika anda pengguna blogger, namun jika di webhost yang lain anda harus mengeluarkan uang untuk memperbaiki ini.

2. Masalah Robots.txt
Robots.txt lah yang berperan penting untuk mengatur mesin pencari supaya situs anda dapat muncul di laman pencarian seperti google atau bing, jadi anda harus memperhatikan dan mengatur mahluk kecil ini sedemikian rupa jika anda memiliki harapan besar agar situs anda muncul di pencarian.

Jika anda menggunakan blogger, anda cukup mengcopy kode di bawah ini ke custom robots.txt dan mengganti alamat urlnya dengan url milik situs anda, namun jika anda memiliki hosting lain, anda harus membuat file teks dengan nama robots.txt dan menguploadnya ke webhost anda.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search

Sitemap: https://www.situsanda.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

3. Google webmaster/Google Console
Jika anda menganggap ini tidak penting maka anda salah, dengan menggunakan layanan gratis dari google ini anda bisa melihat kata kunci apa yang sering di kunjungi di situs anda, dan dari situlah anda bisa mengoptimalkan kwalitas artikel anda.

Untuk menggunakan Google Console silahkan klik Disini untuk mendaftar, dan memverifikasi kepemilikan situs anda.

4. Sosial Media
Mungkin dulu kita tidak menggunakan ini untuk dapat masuk ke index atau di crawl oleh mesin pencari, namun seiring berjalannya waktu kini banyak hal yang berubah salah satunya ini, menurut yang saya ketahui, semakin banyak sebuah artikel di bagikan ke sosial media maka semakin besar kemungkinan artikel tersebut terindex oleh Mesin pencari.

Jadi sangat penting menurut saya untuk membuat sebuah akun atau laman khusus untuk situs anda, agar artikel atau konten situs anda bisa di bagikan dengan pembaca.

Mungkin itu saja dulu yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini, jika ada yang kurang di mengerti silahkan ajukan komentar, namun jika menurut anda ini bermanfaat silahkan di share ke sosial media, bila mana ada beberapa teman anda yang butuh penjelasan.

Jadi sekian dulu dan sampai jumpa.

Post a Comment

0 Comments