Blokir Google dan Fecebook, Ternyata Apple menemukan ini. - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Blokir Google dan Fecebook, Ternyata Apple menemukan ini.

Untuk menjaga privasi konsumen yang menjadi salah satu cirikhas dari apple, Dua perusahaan besar teknologi Google dan Facebook mengalami pemblokiran serifikat dari apple.

Pasalnya apple menemukan aplikasi internal untuk ios, yang sipatnya memata matai atau mengumpulkan data dari pengguna iphone, maka apple mengambil keputusan untuk melakukan pemblokiran sertifikat pada kedua Perusahaan ini.

Sebenarnya bukan cuma Google dan Facebook yang memanfaatkan sertifikasi enterprise untuk membuat aplikasi kelas konsumer. Seorang developer iOS bernama Alex Fajkowski menemukan Amazon, DoorDash, dan Sonos juga mendisitribusikan aplikasi beta ke pengguna non karyawan.

Dampak dari pemblokiran ini adalah aplikasi versi awal Google Maps, Hangouts, Gmail, dan berbagai aplikasi pra rilis beta berhenti beroperasi, termasuk aplikasi khusus karyawan semacam Gbus dan aplikasi kafe internal Google.

Namun, pada prosesnya Apple kemudian sudah membuka blokir. Alasannya, mereka sudah berdiskusi dengan Google untuk menyelesaikan masalah ini.

"Kami bekerja bersama Google untuk membantu mereka memasang ulang sertifikat enterprise mereka dengan cepat," ujar juru bicara Apple dalam keterangannya.

Google sendiri juga telah mengakui jika perusahaannya melanggar perjanjian sertifikat program korporasi.

"(Aplikasi ini) seharusnya tidak beroperasi di bawah program pengembangan korporasi, ini merupakan kesalahan," Ujar Google.

Post a Comment

0 Comments