Pentingnya Air Bagi Tubuh Kita - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Pentingnya Air Bagi Tubuh Kita

Air adalan salah satu dari dua elemen penting bagi tubuh kita, karna 60% dari tubuh kita adalah cairan, itu sebabnya mengapa kita selalu di sarankan oleh dokter untuk banyak minum air, setidaknya delapan sampai sepuluh gelas setiap harinya, karna air yang kita minum berpungsi untuk menganti cairan yang keluar dari dalam tubuh kita, dan bila kita kurang mengkonsumsi air, maka akan berakibat fatal bagi tubuh kita, berikut ini marwansya blog akan memaparkan manfaat sekaligus akibat jika kita tidak mengkonsumsi air sesuai anjuran.

Akibat Tidak Mengkonsumsi Air Sesuai Anjuran

1. Dehidrasi
Rasa dahaga merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kehilangan banyak cairan, dehidrasi dapat disebabkan oleh olahraga berat atau efek dari suhu luar yang terlalu panas, penuaan pada seseorang akan menurunkan rasa haus, sehingga dehidrasi sering tidak dikenali, dehidrasi umumnya ditandai dengan kulit kering, lemas, sakit kepala, turunnya nafsu makan, dan cemas.

2. KelelahanAkibat malas minum air putih dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu, air merupakan sumber energi bagi tubuh kita, walaupun tidak memiliki nilai kalori. air putih memegang peranan penting dalam menyeimbangkan kinerja enzim dalam mengatur energi, tanpa asupan air yang cukup, tubuh akan mengalami kelelahan dan mudah lelah.

3. Gangguan sistem cerna
Air sangat diperlukan dalam sistem cerna untuk menghancurkan makanan dan menyerap nutrisi. Akibat kurang asupan air, akan timbul berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, maag, dan heartburn.

4. Tekanan Darah Tinggi
Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka komposisi darah sangat baik dan encer. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka darah akan mengental dan rentan dengan risiko hipertensi.
Selain itu, kekurangan cairan menyebabkan pembuluh kapiler menutup, sehingga darah tidak leluasa untuk bergerak. kondisi ini memaksa jantung berkerja keras untuk memompa darah, yang pada akhirnya juga berakibat tekanan darah tinggi.

5. Radang sendi
Air juga berfungsi untuk melumasi persendian tubuh. Kekurangan asupan air akan menyebabkan gesekan antar tulang rawan semakin besar. Kondisi ini dapat berisiko timbulnya arthritis. Konsumsi air yang cukup akan membantu pergerakan sendi dan mencegah nyeri akibat arthritis .

6. Gangguan Ginjal
Kebiasaan minum air terlalu sedikit dapat berisiko mengalami penyakit ginjal. Tugas ginjal adalah menyaring darah untuk mengeluarkan racun, sehingga darah yang diedarkan ke seluruh tubuh telah dibersihkan.
Kekurangan cairan berakibat ginjal bekerja dengan keras, dan racun dan asam akan menumpuk pada ginjal. Kondisi ini menyebabkan ginjal dan kandung kemih rentan dengan infeksi, peradangan, dan masalah lainnya.

7. Halusinasi
Jika anda sering melihat obyek yang tidak nyata dan benar-benar tidak ada, maka itu disebut halusinasi. Halusinasi disebabkan oleh kurangnya orientasi, yang sering dipicu oleh efek dehidrasi hebat. Jika anda sering mengalami halusinasi, cobalah untuk mencukupi asupan air.

8. Penurunan memori dan konsentrasi
Air sangat esensial untuk menunjang perkembangan dan aktivitas otak. Minum air putih terlalu sedikit akan mengurangi kadar cairan di otak. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kekurangan asupan oksigen dan sel-sel otak menjadi kurang aktif, pada akhirnya daya ingat akan berkurang.

9. Mudah ngantuk
Jika anda malas untuk minum air ketika dahaga menyerang, maka rasa kantuk akan mudah menyerang tubuh. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, maka tubuh akan menjadi segar dan tidak mudah mengantuk.

10. Pusing
Otak memerlukan cairan untuk menunjang kinerjanya. Kurang minum akan mengganggu fungsi otak. Salah satu tandanya adalah kepala terasa pusing dan sakit.

11. Radang tenggorokan
Kebiasaan minum air putih terlalu sedikit, akan menyebabkan tenggorokan terasa kering dan berisiko mengalami radang tenggorokan.

12. Nyeri saat berkemih
Jumlah cairan yang memadai, diperlukan oleh kandung kemih untuk melakukan sekresi dengan optimal. Kekurangan cairan dapat berakibat kandung kemih mengalami infeksi, sehingga timbul rasa nyeri saat kencing.
 
13. Kulit kusam dan tidak kenyal
Dengan memenuhi kebutuhan air, akan membuat kulit nampak cerah dan bersinar. Jika anda malas untuk minum air putih, maka aliran darah kapiler pada kulit menjadi kurang optimal sehingga kulit menjadi kusam
dan lebih sensitif. Efek lainnya adalah kulit lebih rentan terkena iritasi, dan menjadi keriput.
Sumber : www.kinisehat.com

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

1. Penghilang Dehidrasi
Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh
Sekitar 60 % dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

3. Mengontrol kalori dan Menurunkan berat badan
Penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan. coba laih minum air sebelum makan, air akan membantu orang merasa kenyang, dan sebagai hasilnya mengkonsumsi kalori lebih sedikit yang berdampak pada penurunan berat badan.

4. Meningkatkan Energi
Apa yang terjadi jika anda tidak mengkonsumsi air yang cukup, terlebih saat olahraga ? efek pertama yang dirasakan tentu adalah lelah. Otot yang kekurangan air tidak akan dapat bekerja optimal yang menyebabkan terjadinya kelelahan.

5. Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

6. Membuat kuli halus dan cerah
Minum air putih yang cukup dapat membantu melembabkan kulit, membuatnya terus segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori pori tersumbat dan akhirnya akan menyebabkan jerawat. Konsumsi air ini dapat meningkatkan proses pengeluaran racun melalui keringat secara lancar yang akhirnya dapat membuat kulit halus dan cerah.

7. Menjaga Pungsi Ginjal
Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.

8. Meningkatkan Produktivitas
Minum segelas air putih dapat membantu meningkatkan fokus dan mengembalikan tenaga (menrefresh tubuh) agar kembali dapat bekerja secara normal dan tinggi.

9. Mencegah Penuaan Dini
Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih adalah untuk mencegah penuaan dini. Minum air putih yang banyak dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dapat mengencangkan kulit mengecilkan pori pori dan akan berdampak pada penuaan dini. Tidak heran bahwa rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah minum air putih secara teratur dan cukup.

10. Mengembalikan Mood/Mood Boaster
Sedang stress atau tidak mood terhadap pekerjaan, masalah rumah tangga, atau dengan teman? cobalah minum segelas air putih yang dapat membantu anda mengembalikan mood dan kembali segar.   

11. Meningkatkan Fungsi Otak
Minum air putih minimal 2 litter satu hari dapat meningkatkan fungsi otak, air akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaran sistem saraf di otak.

12. Mencegah Dan Mengobati Demam
Anda pernah demam? nah dari pengalaman saya sendiri jika saya demam sangat jarang pergi ke dokter, yang saya lakukan adalah meminum air putih yang banyak secara rutin. Perjam usahakan minum air putih beberapa gelas, hal ini akan membuat kita sering buang air kecil dan dalam 1 dua hari demam pun turun (pengalaman saya).

13. Melawan Beberapa Penyakit
Sariawan, panas dalam, sakit tenggorokan adalah beberapa penyakit yang dapat kita bantu

14. Meningkatkan sistem Peredaran Darah
Air dapat membantu meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

15. Mengobati Sakit Kepala Dan Migran
Jika anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.
Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.
Sumber : www.manfaat.co.id
 

Itulah tadi ulasan tentang pentingnya air untuk tubuh kita, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Post a Comment

0 Comments