Apa Itu Penyakit Insomnia Dan Cara Mengobatinya - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Apa Itu Penyakit Insomnia Dan Cara Mengobatinya

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur berulang kali, atau begadang walaupun ada kesempatan untuk tidur. Biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan mekanisme tidur dan perilaku yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan penggunaan kafein).
Insomnia adalah sebagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur, Beberapa masalah tidur antara lain insomnia, narcolepsy, hypersomnia dan apnea.


Penyebab Insomnia Pada Umumnya :
  • Stress atau kecemasan seperti didera kegelisahan yang dalam, biasanya karena memikiran permasalahan yang sedang dihadapi.
  • Depresi Selain menyebabkan insomnia, depersi juga bisa menimbulkan keinginan untuk tidur terus sepanjang waktu karena ingin melepaskan diri dari masalah yang dihadapi. Depresi bisa menyebabkan insomnia dan sbaliknya insomnia menyebabkan depresi.
  • Kelainan-kelainan kronis. Kelainan tidur seperti tidur apnea, diabetes, sakit ginjal, arthritis atau penyakit yang mendadak seringkali menyebabkan kesulitan untuk tidur.
  • Efek samping pengobatan. Pengobatan untuk suatu penyakit juga dapat menjadi penyebab insomnia.
  • Pola makan yang buruk. Mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum pergi tidur bisa menyulitkan anda jatuh tidur.
  • Kafein, nikotin, dan alkohol. Kafein dan nikotin adalah zat stimulan. Alkohol dapat mengacaukan pola tidur anda.
  • Kurang berolahraga juga bisa mnejadi faktor sulit tidur yang signifikan.
Penyebab insomnia Karna kondisi spesifik :
  • Usia lanjut (insomnia lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun).
  • Wanita hamil
  • Riwayat depresi/penurunan
Penyakit Insomnia karna Aktivitas seperti :
  1. Jet lag karena bepergian dari arah timur ke barat
  2. Bekerja di malam hari atau untuk pekerja dengan shift malam
  3. Jadwal kerja yang tidak teratur.
  4. Menggunakan alkohol dengan berlebihan.
  5. Efek samping dari beberapa jenis obat-obatan tertentu
  6. Kerusakan yang terjadi pada otak misalnya adalah esenfalitis, stroke, dan penyakit Alzheimer.

Jenis jenis Insomnia
Secara garis besar, insomnia diklasifikasikan menjadi tiga jenis tergantung gejlaa media atau psikologis yang dialami serta tergantung dari kurun waktu seseorang menderita insomnia :
  • Insomnia Akut (Acute Insomnia)

Biasanya para penderita mengalami gangguan tidur selama kurang lebih satu bulan. Insomnia akut ditandai dengan penderitanya yang tetap mengalami masalah dengaan memulai tidur atau mempertahanan tidur meskipun dengan kondisi yang memungkinkan.
  • Insomnia Kronik (Chronic Insomnia)

Insomnia kronik adalah yang berlangsung lebih darisatu bulan. Orang dengan gangguan insomnia kronis biasanya mengalami masalah halusinasi yang parah seperti melihat benda seolah olah bergerak secara slow motion dan amsalah penglihatan ganda (double vision), yaitu persepsi penglihatan dimana benda tunggal seolah oleh akan terlihat ganda.
  • Insomnia Temporer (Transient Insomnia)

Insomnia jenis ini yang biasanya hanya berlangsung singkat, yaitu kurang dari satu minggu. Insomnia temporer biasanya akan terjadi karena pengaruh lingkungan atau stress.

CARA MENGOBATI INSOMNIA

Cara mengobati insomnia secara alami dengan tidur sehat merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda membangun kembali kebiasaan tidur yang baik. Cara ini dilakukan dengan pergi tidur pada waktu yang sama disetiap malam hari dan bagun di pagi hari di waktu yang sama juga. Apapun kondisinya lakukan cara ini secara rutin dan teratur. Yang perlu dihindari adalah jangan tidur siang, jangan mengonsumsi terlalu bannyak kafein dan juga nikotin karena bisa menyebabkan Anda menjadi susah tidur.

Cara mengobati insomnia secara alami dengan tidak mengonsumsi alkohol merupakan salah satu cara yang sehat juga yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebaiknya juga jangan tidur dalam keadaan lapar. Jika Anda mendapatkan tidur yang nyenyak, maka keesokan harinya Anda akan terbangun dengan keadaan yang segar dan dengan suasanan yang nyaman.
Cara mengobati insomnia secara alami dengan mandi menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan lavender bisa membantu Anda mengatasi masalah insomnia. Lakukan relaksasi, dan lakukan relaksasi ini di malam hari atau sebelum Anda tidur. Teknik pernapasan juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang sehat.

Itulah Sedikit informasi tentang insomnia, semoga dapat membantu anda yang sat ini sedang mengalaminya.

Post a Comment

0 Comments