Tips Memilih Smartphone - Marwansya Blog

Adsense 728x90

Tips Memilih Smartphone


Tips Memilih Smartphone

Di jaman sekarang ini banyak sekali beredar di pasaran smartphone dengan spesifikasi yang beraneka ragam pula, tak ayal membuat kita para calon pembeli kebingungan dalam memilih smartphon yang sesusai dengan kebutuhan kita, maka dati itu kopi panas 87  kali ini akan memberikan sedikit tips buat para calon pembeli dalam memilih smartphone yang bisa sesuai dengan keinginan.


Berikut ini saran dari kopi panas 87 dalam memilih smartphone silahkan di simak. 
1. Processor
Prosesor adalah salah satu parameter yang harus diperhatikan saat memilih gadget. Ini adalah inti dari performa sebuah smartphone. Ibarat seorang manusia, prosesor adalah otaknya. Semakin pintar sebuah smartphone, di tentukan dari prosesor. Prosesor adalah chip yang melakukan berbagai pengolahan data.

Prosesor sangat penting karena pada intinya, smartphone bisa melakukan berbagai hal seperti menampilkan gambar, video, pemetaan dengan GPS sampai mengirim sms, adalah merupakan bentuk dari pengolahan data itu sendiri.

Untuk itu, carilah prosesor yang memiliki kemampuan pengolahan data terbaik pada kisaran harga yang anda inginkan. Semakin besar jumlah core dan semakin tinggi kecepatan clock (biasanya dalam satuan GHz), maka semakin baik pula pengolahan datanya.

JIka anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai processor, silahkan kunjungi situs Wikipedia.

2. RAM
RAM memang tak seperti prosesor yang menjadi otak dari sebuah gadget. Namun keberadaan RAM memang tak bisa dianggap remeh. RAM ibarat tangan dan kaki pada tubuh manusia. Buruknya kualitas RAM, maka akan membuat kerja dari smartphone menjadi kacau. RAM adalah tempat penampungan sementara sebuah data yang akan diproses prosesor. Jika RAM terlalu kecil atau lambat, maka kerja prosesor menjadi tidak optimal.

Kami sering mendapati spesifikasi yang kurang memuaskan pada gadget di level Low End. Kami sangat menyayangkan ketika ada Brand yang mengeluarkan smartphone kelas Entry level yang menonjolkan prosesor Quard core, namun memiliki RAM yang hanya sekitar 512MB saja. Menurut kami, ini tak lebih dari bahasa marketing saja. Pemasangan RAM yang hanya 512MB di prosesor Quard Core sama saja mereduksi kemampuan prosesor itu sendiri.

Ini ibarat mesin bus yang di tanam ke mobil sedan, dimana seharusnya mesin itu mampu membawa puluhan orang. Namun hanya mampu membawa empat orang, karena ditanam di bodi mobil sedan yang kecil. Ini persis seperti Prosesor Quard core yang dipasangkan RAM 512MB atau kurang.

Untuk itu, jangan hanya melihat kekuatan prosesor saat memilih gadget ataupun smartphone, namun lihat juga RAM nya. RAM 512MB sangat pas jika dipasangkan prosesor single core. Namun untuk prosesor dual core sampai quad core, minimal RAM yang pas adalah berkapasitas 1GB ke atas.

3. Ruang Penyimpanan (Memori)
Tips saat memilih gadget/smartphone yang ketiga adalah memperhatikan besarnya Memori. Ruang penyimpanan memang tak begitu mempengaruhi performa sebuah gadget secara langsung. Namun sebaiknya pertimbangkanlah memilih Gadget dengan memori internal minimal 4GB.

Ini lantaran tak semua file dari sebuah aplikasi bisa dipindah ke memori eksternal. Untuk itu bila anda berencana menginstall cukup banyak aplikasi, maka usahakan memilih smartphone yang memiliki memori internal yang besar, minimal 4GB.

Ini adalah tips memilih gadget yang jarang sekali diberitahukan, yaitu memilih memori eksternal. Jika gadget anda memiliki slot memori eksternal, maka usahakanlah mencari memori dengan kecepatan yang cukup. Pilihlah memori eksternal dengan kecepatan minimal class 6.

Post a Comment

0 Comments